Site icon Dunia Herbal

1001 Khasiat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan

khasiat buah ciplukan

DuniaHerbal.Com – Siapa sangka ternyata begitu banyak khasiat buah ciplukan untuk kesehatan kita. Buah yang dulu sering kali kita temukan di area persawahan, ternyata memiliki berbagai kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Apa saja kandungan yang terdapat pada buah ciplukan dan apa saja khasiat buah ciplukan? simak artikel ini sampai tuntas.

Mengenal Buah Ciplukan

Buah ciplukan, atau dikenal juga dengan nama Physalis angulata, adalah buah kecil yang biasanya tumbuh liar di daerah tropis. Bentuknya yang unik seperti lampion mini, serta rasanya yang manis asam, membuat buah ini menarik untuk dikonsumsi. Namun, lebih dari sekadar rasa, ciplukan mengandung nutrisi penting yang dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Kandungan Dalam Buah Ciplukan

Buah ciplukan kaya akan kandungan senyawa yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya :

Buah ciplukan juga mengandung kalsium, zat besi, fosfor, karbohidrat, protein, dan lemak.

Khasiat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan

Setelah mengenal buah ciplukan, lalu apa saja khasiat buah ciplukan yang bisa kita dapatkan? berikut penjelasannya.

Baca juga: 9 Buah Dan Sayuran Untuk Menurunkan Gula Darah

Hati-Hati, Buah Ciplukan Bisa Berbahaya

Selain begitu banyak khasiat buah ciplukan untuk kesehatan, ternyata dibalik itu terdapat hal berbahaya pada buah ciplukan. Bagaimana bisa? Buah ciplukan dapat berbahaya jika dimakan ketika masih mentah.

Dilansir dari klikdokter, buah ciplukan mengandung solanine, yaitu sejenis racun yang terbentuk secara alami yang sering ditemukan pada jenis sayuran nightshade. Solanine sendiri dapat mengakibatkan gangguan pencernaan seperti diare. Tidak hanya itu, dampak yang akan ditimbulkan akan semakin fatal dalam beberapa kasus yang sangat parah.

Pada sebuah penelitian, seekor tikus jantan diberi jus buah ciplukan sebanyak 2,227mg setiap harinya. Hasilnya, tikus tersebut mengalami kerusakan pada jantung (tapi tidak terjadi pada tikus betina).

Cara Aman Makan Buah Ciplukan

Untuk mendapatkan khasiat buah ciplukan dan terhindar dari bahayanya, berikut ini ada sedikit tips aman mengkonsumsi buah ciplukan.

  1. Makanlah buah ciplukan ketika sudah matang dengan ciri kulit buah tampak berwarna kuning keemasan. Kamu dapat membuka kuncup buah ciplukan yang berfungsi sebagai bungkusnya untuk mengetahui apakah buah sudah matang atau belum.
  2. Cucilah buah ciplukan hingga bersih sebelum dimakan.
  3. Kamu dapat memakan langsung buah ciplukan yang sudah matang dan dicuci bersih. Bisa juga dicampur dengan buah-buahan lainnya menjadi salad buah atau diblender.

Kesimpulan

Buah kecil yang sering kali tumbuh di tanah tandus ini ternyata memiliki berbagai manfaat. Khasiat buah ciplukan untuk kesehatan tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal tersebut karena buah ini kaya akan kandungan senyawa yang sangat dibutuhkan oleh tubuh,

Tapi dibalik manfaat yang dimiliki oleh buah ciplukan ini, ternyata ada hal yang berbahaya jika kita salah mengkonsumsinya. Kandungan racun yang terdapat pada buah ciplukan yang masih mentah dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita dan sampai jumpa pada artikel menarik lainnya.

Exit mobile version